OTT Kadispar Lobar, Jaksa Minta Penetapan Pengadilan Sita Barang Bukti

Jaksa mengintensifkan pemberkasan penyidikan kasus dugaan permintaan fee proyek dengan tersangka Kadis Pariwisata Lombok Barat nonaktif Ispan Junaidi. Kebutuhan penyidikan seperti pemeriksaan saksi sudah dipenuhi. Jaksa tinggal menggali barang bukti.

“Kalau barang buktinya kita tinggal penetapan penyitaan dari pengadilan,” ungkap Kasi Pidsus Kejari Mataram Anak Agung Gde Putra ditemui Selasa, 26 November 2019 kemarin.”Kita usahakan percepat pemberkasannya,” imbuh dia.

Dia mengatakan, barang bukti yang disita itu antara lain uang tunai, berkas dokumen, serta alat komunikasi. Sampai saat ini, jaksa penyidik belum memerlukan ekstraksi ponsel milik tersangka untuk mencari bukti petunjuk tambahan.

“Belum ada kita dapatkan bukti (permintaan uang) melalui telepon. Sejauh ini yang kita temukan, dia melalui pembicaraan langsung saja,” kata Agung.

Tersangka Ispan sebelumnya mengaku uang yang diranselnya uang pinjaman dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek yang lokasinya di Pusuk Pass, Batulayar, Lombok Barat itu.

“Itu hanya pengakuan sepihak tersangka saja,” kata Agung.

Jaksa penyidik memiliki cukup alat bukti untuk menjerat Ispan menjadi tersangka dugaan permintaan fee proyek. Saksi PPK, imbuh dia, menyatakan tidak pernah memberikan pinjaman kepada atasannya.

Keterangan Ispan saat diperiksa sebagai tersangka berseberangan dengan keterangan saksi-saksi yang diperiksa sebelumnya.

“PPK tidak pernah mengaku bahwa uang itu adalah uang pinjaman,” beber Agung. Sementara mengenai saksi yang meringankan, Agung menyebut tersangka Ispan akan mengajukannya ke hadapan hakim. “Ad charge (meringankan) nanti dipersidangan,” ucapnya.

Tersangka Ispan, disangka meminta imbalan sejumlah uang dari pengerjaan proyek penataan kawasan wisata Pusuk Lestari senilai Rp1,5 miliar. Ispan tertangkap usai menerima uang Rp95,85 juta di ruang kerjanya. (why)

SUMBER :https://www.suarantb.com/hukum.dan.kriminal/2019/11/281013/OTT.Kadispar.Lobar,Jaksa.Minta.Penetapan.Pengadilan.Sita.Barang.Bukti/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here