10 Partai Politik Usung Tiga Paslon di Pilkada Manggarai Tahun 2024

Tagarnews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai, Rikardus Jemi Pentor, menjelaskan ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Manggarai yang sudah mendaftar.

Ketiga pasangan tersebut terdiri dari gabungan partai politik, yakni Herybertus G. L. Nabit dan Fabianus Abu.

Pasangan calon (Paslon) Hery-Fabi menjadi paslon pertama yang mendaftar di KPU Manggarai pada Selasa, 27 Agustus 2024. Paslon ini maju dari gabungan partai politik yang tergabung dalam koalisi Maju Lebih Cepat. Partai pengusung keduanya yaitu PDIP, Golkar, PKB, dan PKN dengan jumlah suara sah partai 73.398. Seluruh dokumen pencalonan dinyatakan diterima.

Bacaan Lainnya

Kemudian, lanjut Rikar, Paslon Ngkeros Maksimus dan Marianus Ronald Susilo, dokumen pencalonan dikembalikan KPU dengan alasan syarat pencalonan tidak lengkap. Paslon ini didukung oleh Partai Demokrat dan PAN dengan jumlah suara sah partai 35.888. Paslon Maksi-Ronal kembali mendaftar di hari terakhir, pada 29 Agustus, dan mendapat dukungan satu partai tambahan, yakni Perindo, dengan jumlah suara sah partai 9.947.

Sedangkan yang mendaftar pada hari kedua adalah Paslon Yohanes Halut dan Thomas Dohu, didukung oleh tiga gabungan partai politik, yaitu Partai Gerindra, Nasdem, dan Partai Hanura, dengan jumlah suara sah partai 53.025. Dokumen pencalonan dinyatakan lengkap dan diterima KPU.

Rikar Pentor menyampaikan bahwa ketiga kandidat ini sedang mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di RS Ben Mboi di Kupang.

KPU sendiri, kata dia, akan melakukan beberapa tahapan, di antaranya verifikasi administrasi terhadap dokumen pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Manggarai dalam penyelenggaraan pemilihan serentak tahun 2024 mulai tanggal 29 Agustus 2024 sampai dengan 4 September 2024.

Pos terkait