Peringatan Hut Pramuka Ke-63,Bupati Hery Nabit: Jaga Attitude Itu Penting 

Tagarnews.com- Gerakan Pramuka sebagai generasi penerus bangsa wajib mengedepankan karakter moral yang baik. Hal itu dipesankan oleh Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit, saat memimpin Apel Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka tingkat Kabupaten Manggarai di Stadion Golo Dukal pada Rabu, 14 Agustus 2024.

“Kita harus tetap menjaga pesan moral yang pertama. Anak-anak sekarang harus menjaga etika, tata krama, dan budi pekerti,” ujarnya.

Bupati Hery mengatakan bahwa berpuluh-puluh tahun kita mendengar berbagai ilmu, tetapi hal tersebut tidak kalah penting dibandingkan dengan sikap atau attitude.

Bacaan Lainnya

“Ada banyak orang pintar, tetapi hari ini yang dicari adalah orang pintar yang mempunyai attitude yang baik. Saya berharap bahwa anak-anak Manggarai pada gilirannya akan menjadi anak-anak dengan attitude yang baik,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa kecerdasan penting, tetapi sikap juga penting. Penghargaan terhadap sesama manusia, penghormatan terhadap orang yang lebih tua, sikap patriotisme, kedisiplinan, dan hal-hal lainnya hanya bisa diasah di organisasi-organisasi seperti ini.

“Kita berada dalam dunia yang sering berubah. Teknologi membuat segalanya lebih mudah, tetapi kemanusiaan tetap penting. Semua boleh berubah, tetapi kemanusiaan akan tetap ada,” katanya.

“Maka dari itu, saya titipkan anak-anak Manggarai yang ada di bawah asuhan kakak-kakak supaya rasa kemanusiaan egaliter dan nilai-nilai kemanusiaan tetap ada. Memang ini tidak mudah dalam dunia yang serba individualisme dan materialisme; kemanusiaan harus tetap ada.”

Menurut politisi PDIP tersebut, salah satu gerakan yang harus dilakukan Pramuka adalah menjadikan Gerakan Pramuka pelopor bagi generasi muda yang mandiri dan berkarakter.

“Gerakan Pramuka sangat penting untuk pembangunan generasi muda yang mandiri dan berkarakter. Untuk itu, hal pertama yang dilakukan adalah meningkatkan kapasitas pembina Pramuka dengan mengikuti Kursus Mahir Lanjutan (KML),” lanjutnya.

Lebih lanjut, Hery Nabit mengatakan bahwa jiwa nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air bertujuan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

“Pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Indonesia dilandasi oleh jiwa nasionalisme, patriotisme, dan cinta tanah air,” tutupnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Drs. Jahang Fansi Aldus, yang juga merupakan Ketua Kwarcab Kabupaten Manggarai; Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh; Dandim Letkol 1612 Manggarai, Dryan Priyambodo; Danki Brimob Kompi 2 Batalyon B Iptu Julhaedi; pimpinan perangkat daerah; para kepala bagian; Camat Langke Rembong; pimpinan Kwarcab dan Kwaran; para andalan dan staf; pembina/pelatih; majelis pembimbing cabang; serta pramuka siaga, penggalang, dan penegak.

Pos terkait