Camat Reok Barat: Karnaval 2024 Ajang Promosi Potensi Desa

Tagarnews.com – Pemerintah Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, menggelar karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 tahun 2024. Semarak karnaval melibatkan pelajar dari TKK hingga SMA/SMAK se-Kecamatan Reo Barat.

Karnaval yang dilaksanakan sore hari tersebut dilepas langsung oleh Camat Reok Barat, Tarsisius Ridus Asong, melewati rute jalan mulai dari Lapangan SMPN 2 Reok, Desa Kajong, lalu menuju Lapangan Sambi, Desa Sambi, dan lanjut sampai di Lapangan Loce, Desa Loce. Karnaval ini diikuti oleh ribuan siswa-siswi mulai dari TKK/PAUD, SD/MI, SMP, hingga SMA, 10 Kepala Desa dan Perangkat Desa, serta Puskesmas Wae Kajong, Loce, dan Lemarang.

Mereka menampilkan beragam kreativitas dari masing-masing sekolah serta potensi dari 10 desa yang ada di Reo Barat.

Bacaan Lainnya

Camat Reok Tarsisius Ridus Asong menyampaikan bahwa karnaval kali ini merupakan ajang untuk mempromosikan potensi desa dan sekolah masing-masing.

“Lewat kegiatan ini, masing-masing desa berkesempatan mempromosikan potensi yang ada di desanya,” ujarnya.

Selain itu, kata Ridus Asong, kegiatan karnaval ini merupakan rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 tingkat Kecamatan Reok Barat.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan karnaval ini adalah sebagai simbol penghormatan terhadap kemerdekaan Republik Indonesia atas perjuangan para pahlawan, sebagai simbol persatuan nasional, rasa nasionalisme terhadap negara dan cinta tanah air, serta sebagai wahana untuk mempromosikan potensi budaya masing-masing desa dan sekolah dalam nuansa kebinekaan Indonesia, dengan tema HUT RI yang ke-79 “Nusantara Baru.”

“Indonesia maju terus melangkah sampai ke Kabupaten Manggarai agar slogan ‘Baca tara bolek loke, tela galang Pe’ang kete api one’ dapat dirasakan dan turut diambil bagian oleh warga Reok Barat,” tutupnya.

Untuk diketahui, tiba di Loce, peserta karnaval langsung diterima oleh yang mewakili Bupati Manggarai, Plt. Asisten II Setda Manggarai Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yos Jelamu; Ketua ASKAB PSSI Manggarai, Lambert Paput; Pastor Paroki Loce, RD. Tarsi Tombor; dan Tokoh Adat Kampung Loce.

Pos terkait