Bupati Hery Menekan 6 Pra Syarat Untuk Mewujudkan Kemajuan Bersama

Tagarnews.com-Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit tekanan enam (6) pra syarat untuk direfleksikan dan memikirkan untuk kemajuan bersama.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Manggarai Herybertus Nabit, saat menghadiri Misa kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, bertempat di gereja Katedral Ruteng, Selasa 13 Agustus 2024.

Orang nomor satu Manggarai itu menjelaskan,tema perayaan HUT kemerdekaan RI tahun 2024 adalah Nusantara Baru, Indonesia Maju “Pertanyaan untuk kita semua hari ini adalah apakah Manggarai akan ikut maju dalam Indonesia maju itu?dengan kata lain, apakah Indonesia yang maju akan membawa serta kita di Manggarai untuk maju? Tidak ada jawaban pasti tentang ini,”pintanya.

Bacaan Lainnya

Bupati Hery melanjutkan, banyak pihak menyodorkan beberapa pra syarat untuk ikut serta maju. Salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mencoba menawarkan 6 pra syarat tersebut. Untuk itu Bupati Hery menekankan kepada semua pihak yang menjadi bagian dari pemerintah kabupaten Manggarai untuk merefleksikan, memikirkan dan membawa pulang 6 pra syarat ini untuk kemajuan bersama, antara lain :

Pertama , Infrastruktur yang layak yang bisa mendukung mobilitas dan mendukung pembangunan. Hal inilah yang kita perjuangkan dan lakukan bersama dalam beberapa tahun terakhir “Belum memenuhi harapan Ia, tapi kita tetap berusaha dan berusaha, berhemat di sana sini untuk kemudian mengalokasikan anggaran yang cukup untuk tersedianya infrastruktur yang layak,”ungkapnya.

Kedua,penguatan SDM yang diperlukan melalui pendidikan, penelitian, program kesehatan dan perlindungan sosial. Penguatan SDM melalui pendidikan kita lakukan terus menerus, anggaran, motivasi, upaya-upaya untuk mencari terobosan tetap kita lakukan.

“Tahun ini dan tahun-tahun mendatang, pemerintah kabupaten Manggarai akan berusaha meletakkan tujuan pendidikan kita adalah Numerasi (berhitung). Pemerintah menginginkan kemampuan berhitung atau Matematika anak-anak Manggarai akan menjadi lebih baik pada waktu-waktu mendatang,”lanjutnya.

Ketiga, menyediakan teknologi melalui penguatan inovasi dan teknologi untuk menjawab tantangan industri dan tantangan pelayanan. Inovasi menjadi topik yang terus menerus kita bahas dan kita gali bersama berbagai kemungkinannya.

Keempat,perbaikan birokrasi pemerintahan dengan pembenahan layanan kualitas dan efisiensi proses bisnis.

“Layanan di birokrasi pemerintahan semakin hari semakin baik. Meski belum sempurna, namun kita tahu, masing-masing kita di berbagai jajaran pemerintahan memiliki ikhtiar, harapan serta keinginan yang sama untuk semakin tersedianya birokrasi pelayanan yang memberi kemudahan,” jelasnya.

Kelima,pengelolaan tata ruang wilayah yang baik dan didukung oleh sistem yang integratif “Kita baru saja menyelesaikan dan menyediakan revisi atas tata ruang wilayah kabupaten Manggarai.Rencana detail tata ruang kecamatan Langke Rembong, rencana detail tata ruang kecamatan Reok dan kecamatan lainnya yang masih berproses, ”terangnya.

Keenam, sumber daya ekonomi dan keuangan yang dipenuhi melalui APBD yang sehat untuk mendukung target keberhasilan. APBD yang sehat adalah APBD yang pada sisi pendapatannya dibiayai sebanyak mungkin oleh kita sendiri “Kita berharap pada tahun-tahun ke depan, pajak dan retribusi akan semakin baik, sehingga kita semakin mandiri dalam pembiayaan pembangunan,”sambungnya.

Politisi PDIP itu menyebut, keenam pra syarat tersebut, boleh saja terpenuhi semuanya, akan tetapi tanpa persatuan kita tidak akan berpindah ke mana-mana “Tantangan kita hari ini adalah persatuan. Persatuan adalah kata yang mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan ketika kita semua masih memiliki kepentingan yang berbeda-beda,”tegasnya.

“Menyatukan semua kepentingan juga bukan hal yang mudah, tapi saya berharap semua pihak yang berada di bawah jajaran pemerintah kabupaten Manggarai, semua pihak yang menjadi mitra bagi pemerintah kabupaten Manggarai, semua sekolah dan pengelola yayasan-yayasan swasta, LSM, dan pihak lainnya betul- betul bersatu padu untuk memiliki visi yang sama yakni Manggarai yang maju, adil, dan memiliki daya saing,”terangnya.

Himbauan Pilkada Serentak 2024

Pada kesempatan itu Bupati Hery Nabit juga menghimbau seluruh masyarakat Manggarai agar dalam proses menuju pilkada baik pilkada Gubernur maupun Bupati pada tanggal 27 November mendatang untuk menggunakan media sosial dengan bijak ”Gunakan media sosial untuk hal-hal positif dan sebaiknya tidak digunakan sebagai media untuk memecahkan perpecahan. dan menghina,” katanya.

“Perbedaan pilihan adalah sebuah hal yang wajar, sewajar kita semua dilahirkan berbeda, maka biarkan perbedaan pilihan politik menjadi konsumsi pribadi. Biarkan pelayanan publik atau pelayanan di bidang apa saja menjadi hal yang diutamakan. Pada akhirnya setelah proses politik berlangsung, kita akan tetap menjadi saudara dan menjadi pelayan masyarakat,”pungkasnya.

Untuk diketahui Misa ini dipimpin Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng RD.Alfons Segar,pr dimulai tepat pukul 09.00 wita. Dalam Misa tersebut Vikjen didampingi sejumlah Imam konselebran.

Turut hadir dalam Misa ini, Sekretaris Daerah Drs.Jahang Fansi Aldus,Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah, ketua Tim Penggerak PKK Ny.Meldyanti Hagur Marcelina, para kepala bagian lingkup pemerintah kabupaten Manggarai,biarawan/biarawati, ASN, Dharma Wanita Persatuan, para guru,siswa-siswi serta umat paroki Katedral dan sekitarnya.

Pos terkait