Bupati Hery: Motto Imamat Pater Darsu Merupakan Tanda Kepasrahan

Tagarnews.com-Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit menghadiri misa sulung RP.Sabinus M.Darsu, OSM bertempat di Paroki Santu Fransiskus Xaverius Loce, kecamatan Reok Barat pada Sabtu, 14/7/2024.

Tiba di Paroki Loce, Bupati dan rombongan yang terdiri dari Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah, para kepala bagian, serta undangan lainnya, diterima secara adat tuak curu dan manuk kapu oleh toko adat, tokoh masyarakat, pendeta Paroki Loce serta masyarakat Loce dan sekitarnya.

Perayaan misa sulung Pater Darsu berlangsung meriah. Umat ​​yang berdatangan, mulai anak-anak, kaum muda hingga orang tua, tampak khusuk mengikuti perayaan misa sulung yang dilaksanakan di Gereja Paroki Loce.

Bacaan Lainnya

Usai merayakan misa, Bupati Herybertus Nabit saat menyampaikan ucapan selamat, agar tanda imamat yang diterima Pater Darsu, akan membawa keselamatan bagi umat Paroki Loce.

Selain itu Bupati juga menghendaki akan banyak imam-imam baru khususnya dari Paroki Loce dan umumnya dari Paroki-paroki di wilayah Kabupaten Manggarai. “Saya kira motto imamat Pater Darsu, Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataanmu, bukan hanya pas untuk Pater Darsu tetapi juga untuk Tuhan, bukan hanya untuk Tuhan, melainkan untuk umat manusia.” hal yang sama berlaku untuk kami yang lain. Agar kami yang lain dan pada posisi masing-masing, bisa tahu bersyukur, “ungkapnya.

Motto Imamat dari Pater Darsu menurut Bupati Hery, merupakan tanda kepasrahan. Tanpa kepasrahan mungkin diantara kita juga tidak bisa menjadi apa-apa. Dengan diawali dengan kepatutan kita semua bisa menjadi atau berada pada posisi hari ini “Kalau tidak ada kepatutan, mungkin ada yang tidak jadi orang sukses, kepala sekolah, pegawai negeri, tidak ada pasangan hidup. Karena dengan kepasrahan itulah kita mendapatkan yang terbaik,”ujarnya.

“Dan yang terbaik, itulah yang kita alami hari ini, baik di rumah tangga, pekerjaan, kehidupan bermasyarakat, dan lainnya,” sambungnya.

Bupati Hery juga mengajak umat untuk senantiasa mendoakan perjalanan Imamat Pater Darsu, agar bertumbuh dan menjalankan rahmat Imamatnya dengan tabah, kuat hati serta dengan berani hati menerjang setiap tantangan yang akan dilalui.

Profil Pater Darsu

Pater Sabinus M. Darsu, OSM atau yang akrab disapa Pater Darsu lahir di Loce, Kecamatan Reok Barat pada tahun 1990.

Pater Darsu merupakan putra bungsu dari 8 bersaudara, pasangan suami/istri, Lukas Odus dan Anastasia Gimbuk.

Riwayat Pendidikan

1998-2004 : SDK Loce

2004-2007 : SMPK Widiyarti Loce

2007-2010 : SMA Negeri 1 Reok

2010-2011: Aspiran OSM Komunitas Maria Hamba Tuhan, Ruteng

2011-2012 : Pre-Novis OSM Komunitas Maria Hamba Tuhan, Ruteng

2012-2013 : Novisiat OSM Komunitas Maria Hamba Tuhan, Ruteng

29 Juni 2013: Kaul Pertama di Komunitas Maria Hamba Tuhan, Ruteng

2013-2017: Studi S1 di STFT Widya sasana, Malang

September 2017: Pelantikan Lektor dan Akolit di Kapel St. Maria Magdalena Postel, Jayagiri, Malang

2017-Januari 2018: Tahun Pastoral di Paroki Salib Suci, Ngabang-Keuskupan Pontianak-Kalimantan Barat.

2018-2021: Studi Teologi di Katolik-Valencia-Spanyol Universitas

9 Oktober 2021: Kaul Kekal di Paroki St. Antonius dari Padua, Denia-Valensia

22 Juni 2023: Tahbisan Diakon di Plasensia-Spanyol

12 Juli 2023: Tahbisan Imamat di Gereja St. Fransiskus Xaverius Loce, oleh Mgr. Siprianus Hormat.

Pos terkait