Bupati Manggarai Hadiri Puncak Acara Congko Lokap Gendang Rohak

Tagarnews.com-Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit menghadiri acara puncak (ritus adat) congko lokap gendang Roha Desa Dese Kecamatan Lelak Kabupaten Manggarai pada Sabtu,10/08/24.

Kehadiran Bupati Heri di gendang Rohak tersebut disambut dengan acara Tuak Kapu, selanjutnya Bupati Hery dan rombongan diarak menuju rumah gendang untuk mengikuti ritus adat congko lokap.

Bupati Hery dalam kesempatan itu mengapresiasi pihak panitia yang dengan segala cara dan kerja sama menyukseskan rangkaian acara congko lokap, sehingga berjalan baik ”kita semua berharap acara congko lokap gendang Rohak yang rangkaian acaranya dimulai dengan caci dan tarian, bisa diingat oleh generasi muda , untuk diteruskan ke anak cucu kita ke depan.

Bacaan Lainnya

“Apa yang orang tua kita buat hari ini merupakan “Toing”(Mengajarkan) agar dibuat oleh generasi penerus kita ke depan seperti yang orang kita buat hari ini,”ujarnya.

Bupati Hery juga menyampaikan apresiasi, terima kasih dan hormat setinggi-tingginya untuk tokoh masyarakat adat, tokoh serta warga Gendang Rohak untuk inisiatif yang luar biasa ini.

Pemerintah kata Bupati juga sangat bergembira dengan perayaan atau acara adat seperti ini, meski di tengah keterbatasan dan kesulitan tetap bisa dilaksanakan dalam suasana kebersamaan dan gotong royong ”kalau boleh saya mengatakan, ini bukan ramai-ramai tapi berdoa. Berdoa bukan hanya saja untuk kebaikan hidup hari ini tapi doa dari orang-orang tua kita untuk kebaikan kita semua, kebaikan dari anak-anak dan generasi kita,”ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Bupati Hery Nabit menghimbau agar menjaga situasi keamanan menjelang pelaksanaan pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

“Karena beberapa bulan lagi seluruh Indonesia termasuk kita di Manggarai akan melaksanakan pilkada serentak,maka dengan itu saya meminta kita semua agar sama-sama menjaga situasi yang aman dan sehingga pelaksanaan pilkada serentak tahun berjalan dengan aman dan damai,soal beda pilihan itu biasa tetapi karena bisa pilihan kita ribu,”tutupnya.

Hadir mendampingi Bupati Manggarai Kadis PMD Yos Jehalut,Kadis Pariwisata Aloysius Jebarut,Kepala Badan Pendapatan kabupaten Manggarai Kanis Nasak,Kabag Ekonomi,Camat Lelak,Para Kelapa Desa dan Tamu Undangan lainnya

Di kesempatan yang sama, Panitia Congko Lokap Gendang Rohak menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Manggarai Herybertus GL Nabit dan rombongan dalam acara Congko Lokap Gendang Rohak.

“Mewakili seluruh masyarakat Gendang Rohak kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati Manggarai berserta rombongan atas kehadirannya hari ini,kami tau Pa Bupati begitu banyak kesibukan tetapi karena besar cinta kepada kami warga Gendang Rohak Bapa Bupati Manggarai hari di acara puncak hari ini,”tutupnya.

Pos terkait