Bupati Manggarai Serahkan Bantuan Alsintan untuk Petani

Foto : Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, Serahkan Bantuan Alsintan Tahun 2024.

Ruteng, Tagarnews.com – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) tahun anggaran 2024, kepada kelompok tani di Kabupaten Manggarai pada Sabtu,30/06/24.

Kadis Pertanian Ferdi Ampur dalam laporannya menyampaikan Salah satu dukungan yang diberikan untuk secara perlahan memberikan perhatian kepada para petani manggarai, yaitu dengan menyediakan alat dan mesin pertanian, dimana pada tahun ini telah disiapkan handtraktor sebanyak 20 unit dan mesin pompa air sebanyak 15 unit.

“Khusus untuk mesin Pompa Air sebanyak 15 unit, yang diprioritaskan bagi kawasan pertanian atau persawahan yang mengalami kesulitan air, untuk dapat berkordinasi dengan teman teman dari Kodim 1612 Manggarai yaitu teman teman Babinsa untuk segera dipasang di masing-masing lokasi yang telah menjadi target sesuai hasil CPCL kita bersama,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dirinya berharap bantuan ALSINTAN yang diterima Kelompok Tani menjadikan motivasi untuk para petani dalam meningkatkan produktivitas tanam hingga panen nanti di Kabupaten Manggarai.

Selain itu pula dengan adanya penyediaan alat mesin pertanian ini akan mampu meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian.

Kepada Kelompok Tani yang menerima diharapkan agar dapat digunakan dan dijaga dengan baik supaya alsintan bisa bertahan lama”, Kepada pengurus kelompok tani penerima bantuan ini pada khususnya untuk terus menjaga dan merawat dengan baik serta memanfaatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) yang di terima untuk kepentingan kelompok tani di wilayah masing-masing dan sekitarnya.

Bila ada permasalahan di lapangan dapat berkoordinasi atau melaporkannya kepada instansi terkait dalam hal ini kepada Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai untuk memiasilitasinya”tutupnya.

Sementara Manggarai Bupati Herybertus Nabit menyampaikan bantuan alsintan ini bertujuan membantu para petani dalam pengolahan lahan pertanian. Bantuan ini juga sebagai salah satu bentuk upaya Pemkab Manggarai dalam meningkatkan hasil pertanian yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dengan keterbatasan pemerintah di bantu TNI-Polri berusaha hadir membantu kelompok tani melalui alat pertanian berupa traktor dan juga pompa air yang hari ini akan diterima oleh kelompok masing-masing,”ujarnya.

Politisi PDIP itu berpesan kepada para penerima bantuan untuk menjaga dan merawat alsintan tersebut agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama. Kecuali itu, pemanfaatannya harus dilaporkan kepada instansi terkait.

“Saya minta bantuannya manfaatkan dengan baik alat-alat ini karena masih banyak anggota kelompok yang belum dapat dan kalau ada permasalahan dalam kelompok silahkan melaporkan kepada instansi terkait,jangan lapornya ke media sosial,”ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Bupati Hery Nabit berpesan untuk mesin Pompa setelah diterima harus segera dioperasikan bersama anggota Babinsa di tiap Koramil.

Disela-sela kegiatan itu Ketua Kelompok Bantang Ca Nai, Kecamatan Ruteng, desa Belang Turi Kresensius Tembang yang menerima bantuan Pompa Air 6 Dim. Jumlah anggota kelompok 14 kepala keluarga. Total persawahan yang ada di sekitar pompa air kurang lebih 40 kepala keluarga.

Sengaja meminta bantuan pompa air karena jarak air yang diambil selama ini di kampung Manggeluwa selama ini susah.

Saya ucapkan terimaksih kepada dinas pertanian yang sangat peduli sehingga kami terbantu untuk pengairan sawah kami. Bantuan pompa air ini akan membantu kami dan semua warga yang ada akan terbantu.

Pos terkait