Masyarakat Lima Gendang di Rahong Utara Antusias Sambut Kunjungan Bupati Hery Nabit

Tagarnews.com – Masyarakat lima Gendang yang tersebar di Kecamatan Rahong Utara sangat antusias menyambut kunjungan Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, pada Minggu, 15 September 2024.

Kunjungan tersebut dimulai dari Kampung Bere, yang berada di dua desa, yaitu Desa Liang Bua dan Desa Bangka Ajang.

Pantauan Tagarnews.com, kunjungan ke lima Gendang meliputi Gendang Bere, Gendang Laru Desa Manong, Gendang Poka Desa Benteng Tubi, Gendang Redong, dan Gendang Munggis Desa Tengku Lese. Adapun setiap kunjungan diawali dengan “Tuak Curu,” kemudian dilanjutkan dengan grup Ronda menuju rumah gendang.

Bacaan Lainnya

Di hadapan masyarakat Gendang Laru Desa Manong, Hery Nabit menjelaskan alasan kedatangannya ke wilayah Rahong Utara, termasuk Desa Manong yang merupakan Gendang Laru, titik kedua dari lima Gendang yang dikunjungi di Rahong Utara.

Hery Nabit menyatakan bahwa ia memutuskan untuk turun langsung ke Rahong Utara setelah melihat situasi politik hasil pemilu legislatif 14 Februari 2024. Sebagaimana diketahui, hasil pileg lalu menunjukkan dua kecamatan, Rahong Utara dan Wae Ri’i, yang awalnya satu dapil tanpa wakil di DPRD.

Menanggapi situasi tersebut, Hery Nabit memutuskan untuk memilih Faby Abu sebagai calon Wakil Bupati Manggarai untuk mewakili kecamatan Wae Ri’i. Namun, untuk Rahong Utara, Hery Nabit memutuskan untuk terjun langsung dan menjadi wakil masyarakat Rahong Utara.

“Karena Rahong Utara tidak memiliki wakil di DPRD, saya memutuskan untuk menjadi wakil dari Rahong Utara. Namun, ini tidak mengurangi fungsi dan peran anggota DPRD terpilih dari dapil Manggarai III. Jadi, masyarakat Rahong Utara dapat berurusan langsung dengan saya,” ujar politisi PDI-P itu, disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Di lima Gendang yang dikunjungi, Bupati Hery Nabit juga menyampaikan hal yang sama, serta mendengarkan usulan-usulan warga.

Beberapa warga memberikan usulan kepada Bupati Manggarai, salah satunya adalah terkait memperbaiki beberapa ruas jalan dan membangun fasilitas air minum bersih. Selain itu, warga lainnya juga memberikan usulan terkait pembangunan rumah gendang.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Hery Nabit menyatakan bahwa salah satu rencana di tahun 2025 adalah pembangunan 100 unit rumah gendang. Pengerjaan akan dilakukan melalui Kelompok Masyarakat (Pokmas) di setiap Kampung yang akan menerima manfaat.

“Saya sudah menyiapkan apa yang Bapak dan Ibu sampaikan tadi. Tahun 2025, saya akan membangun 100 rumah gendang dan akan menetapkannya pada akhir tahun ini,” imbuhnya.

“Konsentrasi dalam dua tahun ke depan di Kecamatan Rahong Utara adalah pengembangan air minum bersih. Kita juga akan membangun dan memperbaiki jalan, tetapi saya minta kesabaran dari semua masyarakat karena kita juga harus membangun kecamatan-kecamatan lainnya,” tutup Bupati Hery Nabit.

Pos terkait