Pemerintah Manggarai Luncurkan Program ILP Kesehatan untuk Tingkatkan Akses dan Keterjangkauan

Tagarnews.com- Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui Dinas Kesehatan, meluncurkan program Integrasi Layanan Primer (ILP) Kesehatan di Manggarai pada Rabu, 7 Agustus 2024 lalu.

Bekerja sama dengan USAID Momentum, ILP Kesehatan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kesehatan berdasarkan siklus hidup yang mudah diakses dan terjangkau oleh masyarakat Manggarai.

Bupati Hery mengatakan, Pemerintah Kabupaten Manggarai telah menjadikan isu kesehatan sebagai salah satu isu prioritas dan semestinya menjadi isu multi pihak, baik pemerintah daerah, lembaga non-pemerintah, maupun masyarakat umum.

Sebab, transformasi kesehatan, kata dia, tidak bisa hanya dilakukan oleh pelaku kesehatan sendiri; melainkan dibutuhkan dukungan dari semua pihak untuk bekerja secara sinergi.

“Transformasi kesehatan harus menjadi semangat bersama seluruh elemen masyarakat Manggarai untuk melihat masalah kesehatan secara menyeluruh dalam satu siklus kehidupan manusia,” ujarnya.

Di sisi lain, penguatan sektor kesehatan harus benar-benar menjangkau hingga tingkat Puskesmas, Pustu, dan Posyandu yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Oleh karena itu, kehadiran satuan tugas ILP merupakan upaya pemerintah untuk mendorong peran serta seluruh pemangku kebijakan untuk bersama-sama melihat Integrasi Layanan Primer sebagai jalan untuk mempercepat pelaksanaan program kesehatan bagi masyarakat.

“Launching ILP ini telah menandai dimulainya semangat baru pelaksanaan program kesehatan yang bersinergi dari kabupaten sampai ke desa, mendorong upaya pencegahan dan promosi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Manggarai yang kita cintai,” terangnya.

Terkait tantangan pembangunan, terutama pembangunan sumber daya manusia ke depan, tidaklah mudah.

Dia pun mengakui bahwa pemerintah tidak mungkin membangun daerah ini sendirian, namun membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Maka, dengan adanya ILP ini, diharapkan dapat meningkatkan peran serta seluruh pemangku kebijakan dari kabupaten, kecamatan, dan desa untuk bersama-sama secara bersinergi melaksanakan program ILP mulai dari Puskesmas, Pustu, sampai ke Posyandu.

“Diharapkan adanya komitmen bersama dari kita sekalian yang hadir untuk menjadi juru kampanye kepada masyarakat bahwa menjadi sehat harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat dalam unit yang kecil untuk mewujudkan Manggarai yang sehat dan berdaya saing,” tutupnya.

Pos terkait