Sinergitas Polda Bali dan Partai Politik untuk Pilkada Serentak 2024 yang Damai

Denpasar,Tagarnews – Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, Polda Bali bersama dengan berbagai partai politik telah melakukan langkah sinergis yang bertujuan untuk mewujudkan suasana yang damai, aman, dan lancar selama proses Pilkada.

Dalam kegiatan ini yang hadir sebagai berikut:

1.Sebagai Narasumber Komisioner KPU Provinsi Bali Divisi Hukum A.A Gede Raka Nakula, S.H., M.H.

Bacaan Lainnya

2.Sebagai Narasumber Plt. Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Provinsi Bali Ni Kadek Rudiani, S.H., M.H.

3.Kasubdit I Dit Intelkam Polda Bali AKBP I Wayan Sumara

4.Sebagai peserta perwakilan masing-masing Partai Politik yang berjumlah 54 orang.

Kegiatan pertemuan dalam rangka membangun Sinergirtas Polda Bali dengan Partai Politik ini  mengambil Tema “Wujudkan Pilkada Serentak 2024 yang Damai, Aman dan Lancar dalam rangka Harkamtibmas yang Kondusif”.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas kamtibmas pada Pilkada serentak 2024, agar bisa berjalan dengan damai, aman dan lancar, dengan memperhatikan nilai-nilai demokrasi, sehingga aspirasi masyarakat dapat tersampaikan melalui pemungutan suara yang demokratis pada Pilkada 2024.

Selain itu, pentingnya peran Partai Politik, dan pemangku kepentingan pemilu memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Khususnya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Pemilu yang bersih dari isu politik identitas, politisasi sara, hoaks dan ujaran kebencian

Sambutan Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali AKBP I Wayan Sumara, S.Sos., M.Si., menyampaikan pada intinya bahwa:

Kegiatan pertemuan dalam rangka membangun Sinergirtas Polda Bali dengan Partai Politik dengan mengambil Tema “Wujudkan Pilkada Serentak 2024 yang Damai, Aman dan Lancar dalam rangka Harkamtibmas yang Kondusif”. Dengan mengungkapkan komitmennya untuk memastikan jalannya Pilkada berlangsung dalam suasana yang kondusif dan terjamin keamanannya.

“Kami bersama-sama dengan partai politik dan seluruh stakeholder terkait berkomitmen untuk menciptakan harkamkamtibmas yang kondusif demi tercapainya Pilkada yang sukses dan berintegritas,” ujar Kasubdit I Dirintekam Polda Bali.

Kerjasama antara Polda Bali dan partai politik tersebut mencakup berbagai kegiatan, mulai dari kampanye yang tertib, pengawasan ketat terhadap potensi konflik, hingga pendekatan persuasif untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi ini.

Lebih lanjut, AKBP I wayan Sumara menegaskan pentingnya peran aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada. “Kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersatu dalam semangat menjaga kedamaian dan menghindari segala bentuk tindakan yang dapat mengganggu proses demokrasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan dari partai politik yang hadir juga menyampaikan komitmen mereka untuk mendukung jalannya Pilkada dengan fair dan menghormati proses demokrasi. “Partai politik siap bekerja sama dengan pihak keamanan dan masyarakat dalam memastikan Pilkada berlangsung aman, damai, dan lancar.

Sehingga fungsi partai politik yang menjadi fokus pada Pendidikan, Persatuan, dan kesatuan, wadah aspirasi politik sebagai penyerap penghimpunan dan penyalur aspirasi politik dengan berpartisipasi politik maka dalam rekrutmen politik melalui mekanisme demokrasi dengan memperhatikan kesetaraan gender.

Kerjasama antara Polda Bali dan partai politik ini merupakan wujud nyata dari upaya bersama untuk menjaga keamanan serta menjamin proses Pilkada Serentak 2024 di Bali berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi

Pos terkait