Tetap Menjulang di Tengah Krisis: Dukungan Mantan Sekda untuk Hery Nabit di Pilkada 2024 Berdasarkan Pencapaian

Manggarai, Tagarnews – Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Manseltus Mitak, kembali mendukung Politisi PDI Perjuangan Manggarai Herybertus Nabit yang berpasangan dengan Fabi Abu maju sebagai calon bupati Manggarai peroide 2024-2029.

Setus sapaan akbrabnya ini membeberkan sejumlah alasan dirinya kembali mendukung Hery Nabit di Pilkada 2024 mendatang.

Menurut Dia, saat Pandemi COVID-19 terbukti telah memberikan tekanan pada kondisi ekonomi dan sosial di Manggarai khususnya sejak akhir tahun 2019 dan terbukti bupati Hery Nabit tanpa kenal lelah telah mengurus berbagai hal dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Selain berkat Tuhan telah menyelamatkan kita saat dari Pandemi Covid-19, Tuhan juga telah mengirimkan orang tepat untuk mengurus kita di Manggarai yang di nahkodai bupati Hery Nabit. Jangan lupa itu walaupun Covid-19 sudah lewat. Kadang kita sering lupa karena sudah selamat dari Pandemi Covid-19,” ucap mantan Sekda Setus.

Alasan lain dirinya tetap mendukung Hery Nabit, melalui pencapaian pemerintah kabupaten Manggarai menduduki peringkat pertama dalam Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2023 se-Provinsi NTT, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri dengan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

Indikator Kinerja Utama (IKU) Kabupaten Manggarai tahun 2023 sebesar 104,57 %, dengan kategori memuaskan.

“IKU ini dicapai berdasarkan pencapaian 14 Indikator Kinerja Utama sebuah daerah dan ini gambaran tentang ukuran keberhasilan pencapaian kinerja penyelenggaraan Pemerintah sebuah daerah,” terangnya.

Sukses atau tidaknya roda pemerintahan kata Setus ada tolok ukurnya, “sementara kita saat ini sudah mulai rame karena pake tolok ukurnya kontraktor, apalagi kontraktor tidak lolos tender pasti dia bilang tidak baik ini pemerintah”.

Untuk hal ini kata Setus, jangan mengukur kesuksesan sebuah pemerintahan melalui kaca mata kontraktor yang gagal tender proyek.

“Kepada seluruh masyarakat Manggarai jangan pakai tolok ukur kinerja pemerintah dari kaca mata kontraktor yang gagal tender,” tegasnya lagi.

Menurut dia, laju pertumbuhan ekonomi di Manggarai pasca pandemi Covid-19, trennya tetap positif.

“Tidak ada mundurnya pertumbuhan ekonomi di Manggarai, itu artinya pemerintah berjalan normal,” tegasnya.

Selain itu, sebutnya indeks pembangunan manusia di Manggarai trennya positif “artinya banyak orang Manggarai yang hidup layak, banyak juga usia harapan hidup sudah mulai panjang, walaupun setelah kondisi sulit karena pandemic Covid-19”.

Hery Nabit kata Setus, anak muda yang punya kecerdasan untuk memimpin Manggarai walaupun dalam situasi yang sulit.

“Itu artinya pemimpin kita saat ini cerdas,” terangnya.

Alasan lain mantan Sekda Manggarai ini mendukung Hery Nabit di Pilkada 2024, karena terus meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) tahun 2023 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

WTP ini sebut Setus, sebuah kinerja baik pemerintah dibawah pimpinan Hery Nabit bersama seluruh unsur di daerah, karena telah berkontribusi untuk perbaikan berbagai indikator makro, seperti tingkat pertumbuhan ekonomi kabupaten Manggarai yang terus menunjukkan peningkatan.

“Tidak sia-sia kita mengangkat tokoh muda ini 4 tahun lalu, nyatanya saat ini telah membawa Manggarai kearah yang lebih baik. Kalau tidak dapat WTP pasti saya tidak ada di Panggung ini saat ini,”.

“Semua calon bupati saat ini saya sudah kenal baik. Tetapi hari ini saya masih berani berdiri disini karena saya tau pa Hery Nabit, telah membangun Manggarai pada jalur yang benar artinya pembangunan di Manggarai on the track. Kalau ada yang tidak puas biasa karena tahun politik,” tutupnya dalam orasi saat acara Teti Tangkal di Niang Pongkor, Satar Mese, pada Rabu, (7/8/2024) malam.

Pos terkait